Jumat, 09 Desember 2016

polusi air

Polusi air

Hasil gambar untuk polusi air
Polusi air disebabkan oleh beberapa polutan, yaitu :
 
1.    Limbah cair
 
Limbah cair, yang berasal dari industri dan rumah tangga. Air yang telah digunakan untuk minum, memasak, mencuci, dan keperluan yang lain dibuang sebagai limbah cair. Limbah cair ini terdiri atas 95-99% air, dan sisanya berupa limbah organik.
 
Dalam kondisi yang cukup banyak oksigen, materi organik dari limbah organik ini dirombak oleh bakteri dalam proses pembusukan, tetapi jika oksigen kurang akan menyebabkan kematian semua organisme aerob. Limbah cair juga mengandung komponen nitrogen yang akan terurai menjadi amonia dan nitrat sehingga menyebabkan populasi alga meningkat (eutrofikasi).
 
2.    Pestisida
 
Pestisida berasal dari pertanian. Pestisida merupakan racun kimia untuk membunuh hama, dapat berupa
insektisida, fungisida, herbisida, dan rodentisida. Contoh yang paling terkenal adalah Dikloro difenil trikloretan (DDT). Jika limbah ini masuk ke sungai atau danau, maka DDT masuk ke rantai makanan.
Konsentrasi DDT akan meningkat pada setiap tingkatan trofik yang lebih tinggi. Pada burung pemakan ikan akan menghambat pembentukan cangkang telur bahkan menyebabkan burung menjadi infertil sehingga populasi burung menurun. Pada manusia dapat menyebabkan kanker kulit.
 
3.    Minyak bumi
 
Limbah minyak bumi berasal dari tumpahan kapal tanker. Tumpahan minyak ini menyebabkan kerusakan yang sangat luas pada kehidupan laut, misalnya kerang, terumbu karang, dan ikan. Bahkan burung pemakan ikan sukar mencari makanan di laut.
 
4.    Sampah dan pupuk buatan
 
Sampah dan pupuk buatan berasal dari rumah tangga dan pertanian. Bahan ini mengakibatkan air banyak mengandung garam mineral sehingga menyebabkan terjadinya eutrofikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar